Selasa, 11 Desember 2012

Tren Pakaian Batik

Fashion  batik adalah sebuah sitilah umum  mengenai gaya atau praktik yang sedang popular khususnya yang berhubungan dengan tren pakaian, aksesoris, sepatu, tata rambut, tat arias/ make up, dan masih banyak lainnya. Namun sebagian besar orang berpendapat bahwa fashion sangat berhubungan erat dengan pakaian baik dilihat dari segi desain, corak/ motif, warna, aplikasi dekorasi,dan cara pakai pakaian tersebut. Pakaian yang berbahan dasar batik sepertinya saat ini sedang menjadi tren kembali setelah beberapa waktu silam sempat digunakan sebagai pakaian daerah di beberapa wilayah tertentu di Indonesia. Kini kain batik dapat diolah menjadi berbagai macam pakaian yang fashionable, mnearik, dan pastinya bisa dinikmati oleh semua umur. Dahulu kala, pakaian batik sangat identik dengan pakaian daerah yang terkesan kuno dan tidak modis serta pakaian batik juga sangat identik dengan pakaian untuk orang tua atau orang sudah berstatus menikah. Namun kini semuanya berbeda.
Salah satu sifat fashion adalah dapat membolak-balikan model/ trend sebuah pakaian yang sangat popular pada zaman mama-papa kita kini bisa saja sangat popular untuk kita sendiri. Karena sedang menjadi trend, seolah-olah pakaian yang kita beli yang saat ini sedang menjadi trend adalah pakaian kepunyaan mama-papa kita. Begitulah fashion: bisa kembali kapan saja.  Kembali pada pokok bahasan fashion batik yang saat ini sedang menjadi trend khususnya pakaian batik untuk wanita. Terdapat banyak macam pakaian yang bercorak batik yang dirancang indah dan apik menjadi berbagai jenis desain longdress, mini dress, gaun, rok panjang, rok pendek, rok lilit,  hem,  jaket, syal, dan masih banyak lainnya. Batik  yang digunakan pun sangat variatif. Kita semua tahu bahwa Indonesia kaya akan seni batik yang diciptakan oleh para seniman batik tradisional kita. Motif batik yang dibuat merupakan hasil karya para pembatik professional baik yang diciptakan secara manual dengan menggunakan tangan atau pun batik yang ciptakan secara besar-besaran dengan menggunakan tenaga mesin. Kedua teknik penciptaan batik ini akan menghasilkan produk batik tulis dan batik cap. Batik tulis merupakan batik yang ditulis atau digambar langsung secara manual dengan menggunakan tangan dan dibantu dengan peralatan tradisional, sedangkan produk batik cap merupakan hasil dari gambar yang cap pada kain.
Keduanya mempunyai kualitas yang yang tinggi namun batik tulis berjumlah lebih terbatas karena proses pengerjaannya yang cukup lama. Dan pada umumnya harga batik tulis ini jauh lebih mahal daripada batik cap. hasil olahan produk batik ini tidak hanya bisa menghasilkan berbagai jenis produk pakaian saja, tetapi batik juga dapat merambah ke dunia fashion lainnya seperti aksesories yang terbuat dari batik seperti sepatu, dompet, tas, dompet gantungan kunci mobil/ motor,  perhiasan etnik yang bermotif batik, mukena, dan lain sebagainya. Dengan adanya fashion batik yang sangat variatif, batik akan menjadi trend fashion origin Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar